HMTI UMMU Ternate sukses menyelenggarakan workshop Linux Fundamental

 

Ternate, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (HMTI-UMMU) menyelenggarakan Workshop di Universitas Mahammadiyah Maluku Utara dengan nama Linux Fundamental yang bertemakan “Pengenalan dan Pendalaman tentang Linux” pada hari Sabtu, tanggal 29 Juli 2017.

Ketua Prodi meberikan sambutan

Kesempatan tersebut dihadiri oleh Kepala Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Bapak Santosa. ST., M.Cs. yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini.

“Perkembangan opensource sangatlah pesat baik sebelum dan dimasa yang akan datang, kebutuhan ini terlihat dari pengembangan bahasa pembrogramman yang dimanfaatkan didalamnya dalam mengembangkan sistem informasi yang berdaya guna.” Kata Bapak Santosa, Kepala Program Studi Teknik Informatika.

Komunitas Zona IT Ternate yaitu diwakili oleh Ketua Divisi Sistem Operasi, Muhammad Ridwan pun memberikan sambutan hangat terkait disenggarakannya kegiataan ini. Abdul Djalil Djayali, ST. menjadi narasumber pada acara tersebut.

“Sosialisasi dan pelatihan opensource baik dilakukan secara berkala di Indonesia Timur, mengingat kurangnya sumber daya manusia yang terdapat disini, melalui kegiatan ini semoga dapat melahirkan para peminat-peminat opensource yang lebih banyak lagi” pungkas Muhammad Ridwan yang mewakili Komunitas Zona IT Ternate saat memberikan sambutannya

Workshop tersebut memperlihatkan antusiasme dari para partisipan. Pada workshop tersebut, pembicara memaparkan tentang dasar-dasar dari GNU/Linux seperti perbedaan opensource dan proprietary software, langkah-langkah untuk menginstall GNU/Linux, perinta-perintah dasar pada terminal GNU/Linux, dsb.

“Kegiatan workshop Linux Fundamental adalah kegiatan pembuka dari beberapa agenda yang telah direncanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah maluku Utara bersama Zona IT Ternate, kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada beberapa waktu kedepan adalah Introduction of Capture The Flag dan Hacking Smarthphone Android” Kata Muh. Reza Djabir, Ketua HMTI-UMMU Ternate di lokasi kegiatan pagi itu.

Acara tersebut dihadiri oleh tak kurang dari 30 orang partisipan yang berasal dari para peminat GNU/Linux dari berbagai kalangan.

Jalannya materi workshop
Penyerahan plakat penghargaan dari HMTI-UMMU kepada pemateri

“Kami dari peserta kegiatan mengharapkan kegiatan opensource ini tidak hanya berakhir hanya didalam ruangan ini saja, namun dapat dilakukan pertemuan-pertemuan yang membahas tentang pengembangannya secara intensif” Kata Albar B. Abdullah, salah satu peserta workshop.

Foto bersama seusai kegiatan
Foto bersama (Pemateri, peserta dan panitia)

 

Masukan dan saran yang diberikan oleh pemateri sangat memberikan kesan bagi para partisipan yang hadir.

“Para partisipan diharapkan untuk dapat berpikir luas, terus mengembangkan ilmu pengetahuan, memahami, dan ikut mensosialisasikan Indonesian Go Open Source (IGOS) kepada masyarakat setelah mengikuti workshop tersebut dan menggunakannya secara bijak serta lebih sadar terkait pentingnya menggunakan software dengan legal” Abdul Djalil Djayali sebagai pemateri workshop.

EXCLUSIVE TO CODROPS<<

About the author : official

Leave a Reply

Your email address will not be published.