Thread Rating:
  • 53 Vote(s) - 2.83 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Modifikasi Terminal pada Ubuntu dan Backtrack
05-08-2013, 02:28 PM, (This post was last modified: 05-09-2013, 10:46 PM by Av[23]_.)
#1
Modifikasi Terminal pada Ubuntu dan Backtrack
Assalamualaikum Wr.Wb.. Siaaaaaaangg… udah lama yaah gak ketemu.. pasti temen” kangen banget kan sama Saya.. yaialah, secara x-z0ne kan yang paling ganteng.. wkwkwk.. Ngakak.. (bangganya).. hehehehe.. Malu
Tapi karna Saya lagi buru-buru, tanpa banyak basa-basi lagi.. kita langsung saja.. Thread kali ini tentang memodifikas tampilan terminal..

Thread ini terinspirasi dari pas pertama coba-coba modifikasi tampilan CMD pada windows dengan file .bat,, dan setelah udah make linux,, karena liat tampilan terminalnya biasa-biasa aja,, jadi ada inisiatif buat modifikasi terminalnya.. hehehe..
Dan dari pada banyak curhat.. Cekidoot !!!

Pertama-tama yaitu buat 1 file dengan ekstensi .txt, dengan isi di dalamnya salah satu tulisan ASCII,, terserah tulisannya nama anda ataupun nama pacar anda.. disini saya memakai nama codernate yah..

Contohnya tulisannya kayak gini :

Code:
_________              .___                                  __          
\_   ___ \   ____    __| _/  ____  _______   ____  _____   _/  |_   ____  
/    \  \/  /  _ \  / __ | _/ __ \ \_  __ \ /    \ \__  \  \   __\_/ __ \
\     \____(  <_> )/ /_/ | \  ___/  |  | \/|   |  \ / __ \_ |  |  \  ___/
\______  / \____/ \____ |  \___  > |__|   |___|  /(____  / |__|   \___  >
        \/              \/      \/              \/      \/             \/


Lalu save dengan nama Terserah_anda.txt pada Home Folder pada Ubuntu dan Root jika pada backtrack,, disini saya memakai backtrack jadi saya simpannya di Root..

Ok,, setelah teman-teman sudah menyimpan file tersebut.. sekarang jika kita ingin menampilkannya pada terminal teman-teman ketikan perintah ini pada terminal..

Code:
root@codernate:~# gedit /etc/bash.bashrc

Lalu tekan enter maka akan muncul sebuah file bash.bashrc..
Isinya seperti ini :
Code:
# System-wide .bashrc file for interactive bash(1) shells.

# To enable the settings / commands in this file for login shells as well,
# this file has to be sourced in /etc/profile.

# If not running interactively, don't do anything
[ -z "$PS1" ] && return

# check the window size after each command and, if necessary,
# update the values of LINES and COLUMNS.
shopt -s checkwinsize

# set variable identifying the chroot you work in (used in the prompt below)
if [ -z "$debian_chroot" ] && [ -r /etc/debian_chroot ]; then
    debian_chroot=$(cat /etc/debian_chroot)
fi

# set a fancy prompt (non-color, overwrite the one in /etc/profile)
PS1='${debian_chroot:+($debian_chroot)}\u@\h:\w\$ '

# Commented out, don't overwrite xterm -T "title" -n "icontitle" by default.
# If this is an xterm set the title to user@host:dir
#case "$TERM" in
#xterm*|rxvt*)
#    PROMPT_COMMAND='echo -ne "\033]0;${USER}@${HOSTNAME}: ${PWD}\007"'
#    ;;
#*)
#    ;;
#esac

# enable bash completion in interactive shells
#if [ -f /etc/bash_completion ] && ! shopt -oq posix; then
#    . /etc/bash_completion
#fi

# sudo hint
if [ ! -e "$HOME/.sudo_as_admin_successful" ]; then
    case " $(groups) " in *\ admin\ *)
    if [ -x /usr/bin/sudo ]; then
    cat <<-EOF
    To run a command as administrator (user "root"), use "sudo <command>".
    See "man sudo_root" for details.
    
    EOF
    fi
    esac
fi

# if the command-not-found package is installed, use it
if [ -x /usr/lib/command-not-found -o -x /usr/share/command-not-found ]; then
    function command_not_found_handle {
            # check because c-n-f could've been removed in the meantime
                if [ -x /usr/lib/command-not-found ]; then
           /usr/bin/python /usr/lib/command-not-found -- $1
                   return $?
                elif [ -x /usr/share/command-not-found ]; then
           /usr/bin/python /usr/share/command-not-found -- $1
                   return $?
        else
           return 127
        fi
    }
fi

Disitu kita hanya perlu menambahkan perintah cat Nama _File_ yang_ di_ buat _tadi.txt pada teks terakhir di file tersebut..

Contohnya kayak gini :
Code:
else
           return 127
        fi
    }
fi
cat nama_file.txt

Lalu save kembali file tersebut,, kemudian buka terminal anda.. dan Tadaaa.. jadi deh.. tampilan terminal teman-teman sudah berubah sekarang.. :

[spoiler]
[Image: 253364_108315972707799_725203001_n.jpg]
[/spoiler]

Naah.. simple banget kan.. ^_^
Ok mungkin sekian dulu tutorial dari saya..

Dead
05-10-2013, 04:09 AM,
#2
RE: Modifikasi Terminal pada Ubuntu dan Backtrack
tambahan yah pak,
file.txt di simpannya nanti di directory root kan, jadi untuk berjaga jaga saja agar nggak sengaja ke hapus, mending file.txt nya di HIDEN saja,,,
ntar rubah file.txt yang ada di root n bash.bashrc di tambah tanda "." [tanpa tanda kutip]
kayak gini

root
Code:
.zbyte

bash.bashrc
Code:
cat .zbyte.txt

Sekian . . .
root@bifi:~# apt-fast update thread

NO LINUX, NO ROOT

Kamsia schizobyt3 Kamsia
05-10-2013, 11:55 AM, (This post was last modified: 05-10-2013, 12:15 PM by Mac.)
#3
RE: Modifikasi Terminal pada Ubuntu dan Backtrack
Wow
[spoiler]
[Image: Screenshot+from+2013-05-10+10%253A52%253A22.png]
[/spoiler]

--------------------------------------------
#JL
[Image: propic_2029_2252010_7582528.png]
Divisi Multimedia


Forum Jump:


Users browsing this thread: 2 Guest(s)